Selasa, 27 September 2011

LANGKAH OBAT SARANG SEMUT

Mencari sarang semut
Langkah obat sarang semut" width="200" />  Dari pengunungan tengah Kab. Jayawijaya Wamena Papua, kaki ini melangkah meningalkan sebuah jejak selama dalam perjalanan. Langkah terayun satu demi satu untuk mencari obat sarang semut yang saat ini banyak diburu orang karena khasiatnya.

Walaupun sebagian orang ada yang meragukan khasiat sarang semut sebagai obat, tetapi para pecinta obat ini hari demi hari semakin bertambah. Ada yang mencoba berawal dari rasa penasaran,  tetapi  tidak sedikit yang direferensikan oleh kerabat terdekat yang pernah mencoba.
Terlepas dari semua itu memang benar ungkapan yang mengatakan tak kenal maka tak sayang, yah semua terserah anda bagai mana menyikapinya.

SARANG SEMUT DAN HUTAN.
Tumbuhan sarang semut yang berbentuk umbi yang mengelembung dengan duri disetiap kulit luarnya, mempunyai daun dan akar. Dalam umbi terdapat lubang kecil tempat keluar masuknya semut, bila umbi dibelah dua maka akan terlihat  rongga-rongga didalamnya tempat semut tinggal dan berkembang biak.
Interaksi yang harmonis antara umbi dan semut terbina ikatan yang saling menguntungak di antara ke dua belah pihak. Keuntungan dari semut ia mendapatkan tempat tinggal geratis tetapi tidak melupakan kewajibanya untuk menjaga umbi agar tidak dimakan oleh ulat.

Si umbi pun merasa senang memberikan tempat tinggal bagi si  semut, karena selain melindunggi dari ulat semut membawa makanan organik kesarang yang otomatis dibutuhkan juga oleh umbi.
Dari interaksi keduanya ini manusia mendapat keuntungan dengan memanfaatkan sebagai obat, tetapi tetap mempunyai tugas dengan menjaga kelestarian hutan agar sarang semut dapat dinikmati oleh anak cucu nantinya.

KHASIAT DARI SARANG SEMUT.
Bila membaca khasiat dari sarang semut kadang timbul pertanyaan apa benar berkhasiat ? Yah semua tergantung bagaimana kita menangapinya. Layar lebar penelitian dari LIPI telah dilakukan, dan sudah tertuwang dalam sebuah terbitan buku dengan judul “GEMPUR PENYAKIT DENGAN SARANG SEMUT’.  Bila bermaksud akan mencoba tidak ada salahnya, bila tidak mencoba juga tidak akan disalahkan he he he .

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India