Sabtu, 07 Mei 2011

JENIS OBAT SARANG SEMUT

Sarang semut  khasiat obat

Di Papua habitat tumbuhan umbi sarang semut  dapat dijumpai  di dataran tinggi dan dataran rendah. Pada dataran rendah biasanya tumbuhan sarang semut hidup pada hutan bakau,  bila meminum sarang semut dan terasa agak asin berarti sarang semut tersebut dari pesisir pantai atau dataran rendah. 


Pada dataran tinggi sarang semut dapat dijumpai di dalam hutan, lereng pegunungan, lembah, dan juga padang rumput yang terdapat pohon yang ukuran tidak terlalu besar. Sarang semut dari  dataran tinggi air rebusan terasa pahit, agak sepat dan aroma keklayuan lebih menyengat.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sarang semut pertama kali di publikasikan  sarang semut yang berasal dari Wamena berjenis myrmecodia pendans. 

Tapi saat ini untk mendapatkan sarang semut jenis ini terbilang mulai susah dan langka, untuk mendapatkanya harus bermalam di hutan selama beberapa hari. Kelangkaan sarang semut dari jenis myrmecodia pendans membuat harga jual sarang semut ini terbilang cukup  mahal.  Tetapi untuk harga dan kualitas sangatlah sebanding,  menginggat  untuk mendapatkan diperlukan pengorbanan dan kerja keras.  


Yang perlu digaris bawahi bahwa tidak semua pegununggan di Wamena dapat dijumpai sarang semut jenis ini, lalu terlintas mengapa tidak di budidayakan ? Bisa saja  tetapi apakah khasiatnya nanti akan sama dengan sarang semut yang di ambil secara liar.  Memang sarang semut  tersedia berkat kemurahan alam.


Saran: 
Sebaiknya setelah membeli sarang semut dalam bentuk irisan kering  pada saat akan di rebus  dihaluskan terlebih dahulu. Maksud  dan tujuan agar takaran atau dosis pas 1 sendok makan, dan terlepas dari itu dengan menghaluskan sarang semut ekstrak yang didapat akan lebih maksimal.


PETA LOKASI KAMI

1 komentar:

adi mengatakan...

srng smut ni bnr khsiat bgt bwt mcem pnykt krna sya sdh mnum hsilnya sgt mmuaskan wat smw anda" yg blum prnh mnum slhkan mnum nah nnti akn mrsakan khasiatnya trims pak umar,,,trims ya alllh

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India